Kreasi Bijibijian

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Kota Surabaya

Taman Baca Masyarakat (TBM) RW IV Tanah Kalikedinding adalah salah satu diantara  tujuh TBM yang ada di Kecamatan Kenjeran. TBM yang letaknya di jalan Tanah Merah 4 gang Langgar ini di jaga oleh kakak Dewinta Patria Cahya atau yang akrab di sapa dengan Kak Ria sedang mengadakan lomba gabungan se-Kecamatan Kenjeran pada hari Sabtu (10/03/2018).  Kegiatan lomba yang rutin diadakan setiap dua minggu sekali ini adalah program dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya yang bertujuan untuk lebih menggalakkan budaya membaca atau literasi di kalangan masyarakat kota Surabaya serta menarik minat pengunjung untuk lebih sering berkunjung ke TBM yang ada di wilayahnya.

Cuaca yang mendung di daerah Tanah Kalikedinding saat itu, tidak menyurutkan langkah adik-adik disekitar wilayah TBM RW 4 untuk mengikuti lomba. Antusiasme dan semangat adik-adik untuk mengikuti lomba terlihat dari kedatangan mereka sebelum perlombaan dimulai pukul 13.00. Kegiatan lomba kali ini yang mengusung tema “Saturday Colorfull”, mengadakan dua jenis lomba yang sangat menarik dan kreatif, yaitu lomba mewarnai untuk peserta kelas 1–3 SD dan lomba mozaik untuk peserta kelas 4–6 SD. Untuk lomba mewarnai diikuti oleh 28 peserta dan lomba mozaik diikuti oleh 25 peserta jadi total keseluruhan peserta lomba adalah 53 peserta.

Kak Ria selaku petugas TBM RW 4 Tanah Kalikedinding mengadakan lomba mewarnai dan lomba mozaik ini bertujuan untuk merangsang dan meningkatkan kreatifitas serta mengembangkan potensi adik-adik. Di sisi lain juga ditujukan untuk melatih kemandirian dan kesabaran anak dalam menghadapi tugas dan anak belajar untuk percaya pada kemampuannya dalam mencocokkan warna, mengambil keputusan warna yang akan digunakan dan memahami media dan alat yang akan digunakan serta mempraktekkan tehnik mewarnai yang sudah dipelajari. Menurut kak Ria, lomba mewarnai dan mozaik ini merupakan kreativitas yang sangat disukai oleh anak-anak.

Perlombaan dimulai tepat pukul 13.00 WIB, dibuka oleh Kak Hanim, perwakilan dari KKN (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dengan serempak  menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan ice breaking yang dipandu oleh Kak Via dengan menyanyikan lagu “sedang apa” dan “kalau kau suka hati. Di sela-sela ice breaking, diberikan sepuluh pertanyaan umum yang berhadiah (doorprice). Setelah itu peserta dibagi ke tempat perlombaan masing-masing, lomba mewarnai berada di dalam ruangan TBM dan lomba mozaik diletakkan di teras TBM. Aadapun bahan dan media untuk lomba mozaik itu sendiri berupa kacang hijau, kacang dele, beras ketan hitam, beras kacang merah , kacang tolo dan dilengketkan dengan lem rajawali. Semua bahan-bahan yang sudah disediakan ditempel, dibentuk dan dikreasikan pada media gambar yang sudah disiapkan oleh panitia yaitu gambar bunga.

Para peserta lomba mewarnai dan lomba mozaik diberikan waktu 1 jam untuk menyelesaikan tugasnya. Setelah 1 jam berlalu, peserta kemudian mengumpulkan kertas hasil mewarnai dan menyusun mozaik yang mereka kerjakan ke pantia lomba. Juri yang telah ditunjuk memerlukan waktu 15 menit untuk melakukan penilaian terhadap hasil karya peserta lomba. Setelah penjurian selesai, didapatlah 3 pemenang terbaik dari masing-masing lomba mewarnai dan lomba mozaik. Juara 1 lomba mewarnai diraih oleh Risma Adelia Putri. Juara 2 diraih oleh Sandra Ayu dan juara 3 diraih oleh Nadia. Untuk lomba mozaik, juara 1 diraih oleh Saskia Putri, juara 2 diraih oleh Nilna Nopralita dan juara 3 diraih oleh Shabrina.

Artikel