Virus Literasi

20 March 2018 08:14:54

Oleh Newspelayanan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Kota Surabaya

Mereka yang baru bisa membaca biasa disebut dengan aksarawan baru. Para aksarawan baru ini perlu meningkatkan kemampuan baca mereka ke tahap memahami. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan baca yaitu dengan cara berlatih membaca cepat.

Kegiatan gabungan TBM se-kecamatan Wonokromo yang bertajuk "Virus Literasi" diadakan dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi para pemustaka yang mayoritas adalah pelajar. Kelas Literasi yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan ini mengajarkan cara membaca cepat dan efisien.

Peserta kegiatan ini adalah siswa sekolah dasar kelas 4 sampai 6. Selain kelas Literasi, masih ada kegiatan lainnya yaitu lomba acak kata dan lomba mewarnai yang diikuti anak usia paud dan TK. Lomba acak kata melatih anak-anak untuk menggali kembali simpanan kosakata yang mereka miliki.

Ditambah dengan storytelling berjudul "Membantu Simon", kegiatan yang berlangsung di TBM RW 1 Wonokromo ini berlangsung meriah dan diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini para peserta yang sejumlah 55 anak ini nantinya menjadi penyebar virus Literasi di penjuru negeri.