Literasi Cerdas Ceria

20 March 2018 08:14:54

Oleh Newspelayanan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Kota Surabaya

Siang hari yang cerah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Kota Surabaya bersama tim Taman Baca Masyarakat Kecamatan (TBM) Tegalsari, mengadakan kegiatan lomba rutin setiap dua kali dalam sebulan. Agenda ini dilaksanakan di  Balai Rukun Warga 03 Dr.Soetomo dengan tema “Literasi Cerdas Ceria”. Lomba ini dilaksanakan pada Sabtu (10/03/18) yang diikuti oleh 40 peserta. 40 peserta i terbagi menjadi 10 peserta lomba teka teki silang dan 30 peserta lomba mewarnai. Lomba berlangsung sejak pukul 13.00 WIB – 15 .00 WIB. Pada pukul 13:00 WIB peserta sudah ada di tempat dilaksanakannya lomba. Agenda lomba bulanan ini memiliki dua jenis lomba yang sangat menarik.

Lomba pertama adalah lomba mewarnai. Panitia memberikan ketentuan tema yang akan dilombakan yaitu “Ekosistem Laut”. Peserta diberikan waktu mewarnai ekosistem laut selama 1 jam dan diikuti oleh 30 peserta dengan rentang usia 5 tahun – 9 tahun. Tujuan diadakannya lomba mewarnai ini adalah sebagai upaya merangsang kreatifitas anak sejak usia dini, melatih anak dalam pengenalan warna serta bentuk, melatih anak agar lebih fokus dan berorientasi kepada target. Ada beberapa anak yang mem-blok gambarnya sehingga warna terkesan lebih hidup dan colorfull.

Lomba kedua adalah lomba teka teki silang dengan 20 soal-soal ilmu pengetahuan umum. Lomba ini diikuti oleh 10 peserta  dengan rentang usia 8 tahun  –  13 tahun. Waktu yang diberikan oleh panitia adalah 1 jam. Tujuan diadakannya lomba ini adalah memupuk rasa kompetisi yang sehat antarpeserta, mengukur tingkat minat baca anak terhadap ilmu pengetahuan umum, melatih korelasi antara pengetahuan umum yang didapatkan peserta kedalam sebuah kompetisi, melatih anak memanajemen waktu dan sebagai pengenalan anak terhadap garis vertikal dan horizontal.

Lomba Mewarnai Ekosistem Laut dan Lomba Teka-Teki Silang Ilmu Pengetahuan Umum telah berlangsung selama 60 menit. Peserta kemudian mengumpulkan kertas gambar dan teka teki silang yang mereka kerjakan. Panitia melakukan proses penjurian selama 15 menit sambil membagikan bingkisan kepada peserta lomba. Proses penjurian telah usai. Panitia memberikan pengumuman pemenang juara I, II, III dan juara harapan lomba mewarnai dengan tema “Ekosistem Laut” dan lomba teka teki silang ilmu pengetahuan umum. Hadiah diberikan kepada pemenang secara simbolik diwakili oleh sub koordinator dan wakil sub koordinator Kecamatan Tegalsari dan para juri diikuti dengan foto bersama.

Akhir acara, para panitia lomba (Tim Taman Baca Masyarakat Kecamatan Tegalsari) foto bersama dengan peserta lomba dan non peserta lomba dengan jargon L yakni “Literasi”. Sesi foto bersama ini diharapkan mampu menjalin kekompakan dan rasa persaudaraan seluruh komponen pendukung acara lomba serta mengenalkan jargon Literasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya.